SEO Blog Website

Teknik Seo Pada Blog atau Website

Seo Blog Website - Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan istilah SEO, merupakan sebuah faktor yang penting dan wajib dalam suatu blog atau website. Dalam melakukan teknik SEO pada sebuah blog atau website banyak teknik yang harus dilakukan, dimulai dari SEO On Page hingga SEO Off Page. Kedua teknik tersebut memiliki bagian-bagian yang lainnya.

Untuk bisa menargetkan visitor atau pengunjung yang akan berkunjung ke blog atau website, tentu itu tidak terlepas dengan teknik SEO [Search Engine Optimization]. Seperti yang sudah saya katakan di atas, ada dua teknik untuk bikin SEO sebuah blog atau website yaitu SEO On Page, dan SEO Off Page. Pasti kalian akan bertanya-tanya yang manakah dari kedua teknik SEO itu yang lebih penting untuk blog atau website. Disini saya akan membahasnya untuk kalian.


Lebih penting mana antara SEO On Page atau SEO Off Page?

Kebanyakan para blogger hanya menerapkan sedikit teknik SEO untuk blog atau websitenya, apabila kalian bertanya kepada saya lebih penting mana antara SEO On Page dan SEO Off Page, menurut saya kedua teknik SEO tersebut sama-sama penting, dan wajib harus diterapkan pada blog dan website. Namun menurut saya, sebaiknya kita lebih mendahulukan pada SEO On Page. Kenapa begitu? Jadi begini, setiap langkah yang kita lakukan untuk blog atau optimasi, pada kenyataannya bertitik utama pada blog itu sendirinya. Karena pengertian dari SEO On Page itu sendiri adalah optimasi yang dilakukan didalam blog itu sendiri, seperti mengatur heading, menulis artikel yang berkualitas atau bermanfaat, memberikan tag pada gambar, dan lain sebagainya.
[ads-post]
Seperti yang sudah dikatakan oleh Matt Cuts sebelumnya, untuk teknik SEO yang baik dan benar hanya ada dua macam, yaitu: konten atau isi artikel dari blog maupun website yang original atau asli buatan kita sendiri tanpa copy paste dari blog atau website orang lain, selain itu harus menarik serta bermanfaat, serta adanya backlink. Namun, dengan seiring perkembangannya, penggunaan link internal dan social signal bisa menjadi salah satu teknik SEO yang bisa kita gunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selama ini yang saya ketahui, teknik atau langkah untuk SEO berubah-ubah dari tahun ke tahunnya. Namun, cara untuk SEO pada tahun 2016 ini tidaklah terlalu beda jauh dari tahun sebelumnya. Dan terlebih pada akhir tahun 2015 tidak terlihat adanya perubahan pada Algoritma Search Engine [mesin pencarian] Google yang mendasar, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Ilustrasi SEO
blog website seo


Lalu, Teknik SEO bagaimana yang berguna untuk selamanya?

Merujuk pada teknik SEO yang dari tahun ke tahun mungkin saja dapat mengalami perubahan yang mendasar. Namun, ada beberapa Teknik SEO yang bisa berguna selamanya. Dan menurut saya teknik SEO yang akan saya jelaskan dibawah ini mudah-mudahan tidak akan mengalami perubahan. Nah, langsung saja ke teknik SEO yang akan berguna untuk selamanya pada blog atau website.

1. Memakai Template Yang SEO Friendly dan Responsive

Template atau tampilan pada blog atau website dapat kita ibaratkan sebuah rumah yang berisikan peralatan rumah tangga, dimana apabila didalam sebuah blog atau website disebut sebagai artikel. Supaya rumah kita mudah dicari oleh siapa saja, maka rumah kita harus ramah pengguna [setiap isi di dalam blog mudah dicari oleh orang lain]. Kenapa harus menggunakan template yang SEO Friendly? Karena untuk memudahkan Spider Search Engine menemukan atau mendeteksi artikel yang berada di dalam blog atau website kita. Maka pakailah template yang SEO Friendly dan Responsive. Responsive dalam arti jika blog atau website yang dibuka melalui perangkat ponsel, tablet atau gadget lainnya akan otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar. Dengan ini saya menyarankan untuk memakai template yang SEO Friendly dan Responsive. Dimanakah saya dapat menemukan template yang sudah SEO Friendly dan Responsive? Kalian dapat membelinya atau jika kalian tidak ingin mengeluarkan uang, kalian dapat mencari di google lalu mendownloadnya dari situs penyedia template gratis untuk blog,

2. Menulis Konten atau Artikel Yang Menarik

Poin yang ke dua ini merupakan hal yang terpenting di dalam sebuah blog atau website. Artikel merupakan hal yang pokok dan wajib yang harus ada di dalam sebuah blog. Itu dikarenakan blog merupakan sebuah media online yang berisikan artikel, artinya tinggi rendahnya traffik blog kalian tergantung pada kualitas artikel atau konten yang ada di dalam sebuah blog tersebut.

Dalam menulis artikel, pastikan kalian menulis artikel yang menarik, unik dan bermanfaat. Jika artikel kalian tidak berkualitas, itu hanya akan membuat kalian dan blog kalian menjadi rugi. Dan tentunya kalian tidak ingin apabila setelah sekian banyak waktu yang kalian luangkan untuk menulis atau membuat artikel hanya akan berbuahkan kegagalan, karena artikel yang kalian buat kurang berkualitas. Untuk itu dari sekarang buatlah artikel yang Original, Menarik dan Bermanfaat bagi pembaca blog atau website kalian.

3. Mencari Backlink Yang Berkualitas

Banyak sekali cara untuk mencari dan membangun sebuah backlink, tentunya backlink yang berkualitas dan yang tidak berkualitas memiliki perbedaan. Ciri-ciri dari backlink yang berkualitas adalah backlink yang relevan, backlink dari blog atau website yang memiliki pagerank, backlink dari situs yang mempunyai authority cukup tinggi, serta backlink yang dibangun dengan cara natural. Satu hal yang perlu untuk kalian ketahui, jika kalian bertukaran link antara sesama blogger, saya menyarankan pilih blog yang memiliki page rank serta authority yang tinggi dan pilihlah blog yang sama isi pembahasannya dengan blog kalian.

4. Lakukanlah Aktivitas Pada Blog atau Website

Pada poin ke 4 ini yang saya maksud yaitu menuju pada pengelolaan suatu blog atau website, artinya blog harus memposting artikel baru paling tidak setiap hari. Namun apabila kalian tidak mempunyai waktu, kalian bisa memposting artikel satu kali dalam satu minggu. Dan lakukanlah update terus-menerus pada blog kalaian dan jangan biarkan blog kalian terbengkalai.

Peringkat blog pada SERPs tidaklah permanent, baik itu peringkat atas maupun peringkat rendah. Apabila dalam kurun waktu yang sangat panjang tanpa melakukan aktivitas atau update pada blogn, bisa berpotensi mengalami penurunan peringkat. Untuk itu mulai sekarang lakukanlah aktivitas atau update artikel pada blog kalian secara terus menerus.

5. Memperhatikan Kesehatan Pada Blog atau Website

Kesehatan suatu blog atau website sangat mempengaruhi peringkat blog pada mesin search engine. Submit blog pada Google Webmaster tool, dan perhatikan juga kesehatan blog kalian agar tidak muncul broken link, duplicat tittle, atau masalah lainnya.
Ilustrasi tulisan atau gambar SEO
seo blog website

Demikian artikel tentang cara membuat blog atau website menjadi SEO / Search Engine Optimization. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, Terima Kasih..

Seo Blog Website - Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan istilah SEO, blog website seo, add seo to website, add seo to blog, seo add blog to website, seo blog vs website, Teknik membuat SEO blog atau website, SEO On Page, SEO Off Page, Modifikasi template seo responsive design, seo blogspot, seo blogger, agar blog menjadi seo, cara membuat blog seo friendly, belajar blog dan seo friendly, tips optimasi atau trik seo, google search engine,

Posting Komentar

  1. ane terapin caranya gan..mudah2n bisa pageone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin gan, semangat2.. yakin pasti bisa klo ada usahanya

      Hapus
  2. ane praktekin gan caranyaa,makasih yaa tutorialnyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Muhammad'Keyzee'Anggi, makasih ya dah berkunjung disini..

      Hapus
  3. Saya ikuti deh semua cara ini :D
    Makasi info nya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Ahmad Annaafi Suardi, terima kasih sudah berkunjung..

      Hapus
  4. Balasan
    1. Silahkan Info Tanyoe, selamat mencoba..
      makasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Kalo menurut saya SEO memang perlu tapi tidak usah terlalu difikirkan jika web/blog yg dikelola bukan web/blog untuk menjual barang, dengan update artikel yang berkualitas saja bisa membuat blog tampil dihalaman depan google jika memang artikel punya referensi yang bagus dan bermanfaat terlebih lagi klo disukai pembaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alviyatun, seperti yang saya bahas di atas, menulis konten atau artikel yang menarik merupakan salah satu dari tehnik seo. Terima Kasih ya Alviyatun.

      Hapus
  6. gan backlink yang berkualitas itu kaya gimana ya maksud nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kita mengunjungi dan berkomentar di blog atau website yang mempunyai pagerank atau authority tinggi, jadi kita bisa mendapatkan backlink dari blog atau website tersebut. Makasih Osama Wildan

      Hapus
  7. semuanya udah ane terapin gan? asal kita jangan seo blackhat aja yang banyak bertebaran di internet dengan janji yng wah. hihihi
    sukses go blog hehehe

    BalasHapus

[facebook][blogger]

Author Name

{picture#http://4.bp.blogspot.com/-okZt1Cb46M0/VvZsbFyLcWI/AAAAAAAAANY/j8Clb7sUdpIFujXHkFwubTmSYL5re-FiA/s1600-r/12319585_864166607014131_380223887_n.jpg} Thanks you for taking the time to see me {facebook#https://www.facebook.com/Almeera-Titania-760638460707919} {twitter#https://twitter.com/AlmeeraTitania} {google#https://plus.google.com/102289673422471971530} {pinterest#https://id.pinterest.com} {youtube#https://www.youtube.com/user/deemustusher} {instagram#https://www.instagram.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.