Beberapa Manfaat dari Buah Kurma

Manfaat dari Buah Kurma

Beberapa Manfaat dari Buah Kurma - Kurma memang identik dengan Bulan Ramadhan. Faktanya buah yang biasa disantap sebagai hidangan berbuka puasa ini memiliki banyak hal menarik yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah asal Iraq ini, ternyata bisa tumbuh sampai 23 meter. Konon sudah di budidayakan sejak 7.000 tahun sebelum masehi di Timur Tengah dan Lembah Indus. Bahkan sebuah penelitian arkeologi menyebutkan bahsa berdasarkan fosilnya, kurma telah ada sejak 50juta tahun yang lalu. Disamping fakta sejarah yang sangat mengejutkan, banyak penelitian di barat yang meneliti kandungan nutrisi di dalam kurma yang baik bagi tubuh.

Manfaat dari Buah Kurma
[ads-post]
Berikut manfaat buah kurma yang patut anda ketahui :

Melancararkan Pencernaan & Menghilangkan Sembelit

Buah ini kaya serat makanan yang mampu mencegah penyerapan kolesterol dalam usus. Selain bekerja sebagai pencahar, serat dalam kurma dapat melindungi selaput lendir usus dari bahan kimia penyebab kanker mengikat dalam usus besar. Kandungan serat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Khususnya dalam meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat gerakan usus menjadi teratur serta membantu membersihkan sistem pencernaan. Manfaat lain adalah untuk mengurangi resiko stroke radang usus, kanker usus besar, serta wasir.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut juru bicara Asosiasi Jantung Amerika [American Heart Association], Alice H. Lichtenstein, DSc, banyak penelitian yang menunjukan bahwa makanan yang memiliki kandungan serat yang banyak, memiliki keterikatan dengan penurunan resiko penyakit jantung, begitu juga dengan kurma.

Anti Inflamasi [Peradangan]

Kurma mengandung antioksidan polifenol flavonoid yang dikenal sebagai tanin. Tanin memiliki manfaat sebagai anti infeksi, anti inflamasi, dan anti hemoragik yaitu mencegah kecenderungan mudah berdarah. Selain itu kurma juga kaya akan magnesium [mineral yang dikenal untuk manfaat anti-inflamasi atau peradangan]. Lebih jauh lagi, peradangan pada dinding arteri juga berkurang berkat asupan magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, kandung magnesium dalam kurma dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, arthritis, aizhermer, serta penyakit peradangan lainnya.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain anti peradangan, mineral magnesium juga telah membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium mineral lainnya yang ada dikurm juga memiliki beberapa fungsi yang baik dalam tubuh. Diantaranya membantu cara kerja hati dan membantu mengurangi tekanan darah.

Mengurangi Resiko Stroke

Kurma mengandung banyak kalium. Tiap 100g kurma mengandung 696mg kalium atau 16% dari tingkat harian yang disarankan untuk mengkonsumsi elektrolit ini. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Maka kurma bisa melindungi terhadap penyakit stroke dan jantung koroner. Magnesium yang dikandung kurma, juga terbukti memiliki manfaat lain selain yang sudah disebutkan. Sebuah penelitian yang ditulis oleh Susanna C Larsson, Nicola Orsini, dan Alicja Wolk dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahsa tiap 100miligram magnesium yang di konsumsi manusia per hari dapat mengurangi resiko stroke sebanyak 9%. Angka tersebut didapat setelah mereka mengevaluasi tujuh penelitian yang diterbitkan selama periode waktu 14 tahun.

Melancarkan Persalinan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Jordan University of Science and Technology menemukan, bahwa buah kurma berpengaruh terhadap kehamilan. Setelah mempelajari 69 wanita selama 13 bulan, para peneliti menemukan bahwa konsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan secara signifikan mengurangi kebutuhan untuk pencetusan kelahiran buata [induksi dan agusmentasi persalinan]. Berarti kurma juga memiliki manfaat untuk melancarkan persalinan dengan normal.

Menyehatkan Penglihatan dan Tulang

Vitamin A memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan, Selain itu, juga diperlukan menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami seperti kurma yang kaya akan vitamin A, diketahui juga dapat membantu melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut. Kurma juga kaya mineral seperti kalsium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalsium itu merupakan salah satu mineral penting yang merupakan konstituen penting dari tulang maupun gigi, dan kalsium dibutuhkan juga oleh tubuh kita untuk kontraksi pada otot, pembekuan darah, serta konduksi impuls saraf. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin B kompleks serta vitamin K. Vitamin ini bertindak sebagai co-faktor membantu karbohidrat dalam membantu memetabolisme tubuh. Vitamin K sangat penting untuk banyak faktor koagulasi dalam darah serta dalam metabolisme tulang.
    Demikian tentang beberapa manfaat dari buah kurma, Semoga bermanfaat, Terima Kasih...

    Buah Kurma, Manfaat Buah Kurma, Date, Kesehatan Buah Kurma, Manfaat Buah Kurma Yang Harus Anda Ketahui, Buah Kurma Nabi, Kandungan Gizi Buah Kurma, Khasiat Buah Kurma, Manfaat tersembunyi buah kurma

    Label:

    Posting Komentar

    1. Wah banyak sekali manfaatnya, jadi pengen kurma nih gan hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya Rahadina Budiman Sundara, Buah Kurma memang sudah terkenal banyak manfaatnya, karena memang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Terima Kasih ya..

        Hapus
    2. masya Alloh......banyak banet manfaatnya......baru tahu nih, ijin simpan artikelnya gan.....

      BalasHapus

    [facebook][blogger]

    Author Name

    {picture#http://4.bp.blogspot.com/-okZt1Cb46M0/VvZsbFyLcWI/AAAAAAAAANY/j8Clb7sUdpIFujXHkFwubTmSYL5re-FiA/s1600-r/12319585_864166607014131_380223887_n.jpg} Thanks you for taking the time to see me {facebook#https://www.facebook.com/Almeera-Titania-760638460707919} {twitter#https://twitter.com/AlmeeraTitania} {google#https://plus.google.com/102289673422471971530} {pinterest#https://id.pinterest.com} {youtube#https://www.youtube.com/user/deemustusher} {instagram#https://www.instagram.com}

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Diberdayakan oleh Blogger.